STIA Sandikta

Romansa Sejarah

Yayasan Pendidikan Kita disingkat Sandikta didirikan dengan maksud dan tujuan membantu Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mewujudkan maksud dan tujuan tersebut, yayasan penjalankan kegiatan antara lain mendirikan dan menyelenggarakan pendidikan dasar sampai dengan Perguruan Tinggi.Yayasan Pendidikan Kita, disingkat Sandikta, didirikan tanggal 22 Desember 1982 di Kecamatan Pondokgede, Kabupaten Bekasi, Propinsi Jawa Barat. Pendiri Sandikta adalah tokoh-tokoh masyarakat Pondokgede, guru-guru, kepala-kepala sekolah, pengawas TK / SD / SMP Pondokgede dan Jakarta Timur. Saat itu, yang menjabat sebagai Ketua yayasan adalah H. Asmullah Z. A., yang kemudian digantikan oleh H. Abdullah Basri pada tahun 1988.

Awalnya, Sandikta mendirikan SMP dan SMA Sandikta pada tahun 1983 di Jatimekar, Pondokgede. Pada tahun 1986, lokasi SMP dan SMA Sandikta pindah ke Pondokgede. Kemudian lokasi sekolah pindah tahun 1989 ke Jatirahayu, Pondokgede, sampai sekarang.

Sejarah keberadaan dan perkembangan Sandikta pada dasarnya sejalan dengan sejarah terbentuk SMP dan SMA Sandikta pada tanggal 22 Desember 1982 yang di kala itu berdomisili di Jatimekar. Setelah 2 tahun kemudian SMP/SMA Sandikta memeroleh fasilitas gedung yang lebih memadai di daerah Pondok Gede dan sejak saat itu pula izin operasional SMP dan SMA dari Kanwil Depdikbud Bandung diterbitkan untuk SMP No. 006/1.02 Kep/E.86 NSS: 2014 022 4053 dan SMA No. 005/1.02 Kep/E.86 NSS: 204 022 4053.

Namun demikian fasilitas gedung yang ditempati SMP dan SMA tidak berjalan lama karena masa pinjaman gedung telah berakhir. Selama masa transisi SMP memeroleh pinjaman gedung dari SMP Nasional I dan SMP Al Falah sedangkan SMA memeroleh pinjaman gedung SDS Angkasa XII di Dirgantara III Halim Perdana kusuma. Untunglah kesulitan gudung dapat diatasi setelah Sandikta memiliki sebidang tanah dan bangunan. Akhirnya pada tahun ajaran 1990/1991, SMP dan SMA bisa menikmati gedung baru milik sendiri.

Pada tahun 1997, SMK Sandikta  didirikan dan mulai menerima murid baru. Perjalanan STIA Sandikta dimulai pada tahun Akademik 2000-2001. Sandikta bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi YPIAMI membuka Kampus D. Kemudian pada tahun Akademik 2002-2003, Sandikta mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Sandikta. Pendirian STIA Sandikta dilakukan melalui kajian atas rencana pendirian STIA Sandikta. Berdasarkan hasil kajian tersebut, Sandikta diberi kewenangan oleh Direktur Akademik dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Depdiknas untuk menyelenggarakan pendidikan ilmu administrasi publik dan ilmu administrasi niaga dalam satu wadah yang disebut SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI SANDIKTA.

Dalam upaya mengembangkan pendidikan menengah, Sandikta membuka pulah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada tanggal 24 September 1998. Sementara itu Sandikta berhasrat mendirikan Perguruan Tinggi. Sebagai langkah awal, Sandikta menjali kerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi YPIAMI (STIA YPIAMI). Kerjasama tersebut berlangsung pada tahun akademik 2000/2001 – 2001/2002. Pada tahun 2002 Sandikta memersiapkan pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi secara mandiri, yang mana tidak lama kemudian pada tanggal 8 Juli 2002 atas usul Sandikta, Menteri Pendidikan Nasional menerbitkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 134/D/O/2002 tentang Pendirian STIA Sandikta dengan Program Studi Ilmu Administrasi Negara (saat ini sesuai keputusan Kemristekdikti sejak Januari 2019 berubah nama menjadi Administrasi Publik) dan Program Studi Ilmu Administrasi Niaga (saat ini sesuai keputusan Kemristekdikti sejak Januari 2019 berubah nama menjadi Administrasi Bisnis).

Secara terus menerus, STIA Sandikta meningkatkan mutu pembelajaran dan kinerja Program Studi melalui akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi Administrasi Publik —saat buku ini disusun— dengan Surat Keputusan No. 872/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019dan Akreditasi Administrasi Bisnis dengan No. 433/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014 dan dalam proses Reakreditasi, sementara untuk Akreditasi Institusi dengan SK No. 655/SK/BAN-PT/Akred/VII/2015.

Kembali ke Atas