Visi 

Menjadi program studi Administrasi Negara yang berstandar nasional pada tahun 2024 yang menghasilkan sarjana cerdas dan terampil di bidang ilmunya, cinta pada bangsa dan Negara, dan taat pada ajaran agama yang dianut, dan berakhlakul karimah dalam berhubungan dengan masyarakat. 

 

Misi 

  1. Mengupayakan perubahan kurikulum yang mengadaptasi perubahan dan ditetapkan keberlakuannya dalam jangka waktu tertentu secara periodik 4 tahunan. 
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat baik untuk para dosen maupun mahasiswa dan tercatat ke dalam simlitabmas.dikti.go.id.
  3. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang berkaitan dengan aspek akademik, afektif, psikomotorik, maupun spiritual sesuai ajaran agamanya masing-masing. 
  4. Membangun jaringan kerjasama dalam dan luar negeri dengan seluruh stake holder yang dapat dijalin kesepakatan. 
  5. Menjadi anggota aktif asosiasi ilmu administrasi Negara secara nasional dan internasional. 

 

Tujuan 

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang administrasi Negara yang bertujuan menyetak tenaga unggul administrasi Negara agar bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan agamanya. 
  2. Menghasilkan penelitian dosen yang berkualitas di bidang ilmu administrasi Negara dan dapat dimanfaatkan baik oleh pemerintah maupun masyarakat dalam menyelesaikan persoalan keadministrasian sehari-hari. 
  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian masyarakat yang bersifat solutif dan berorientasi masalah. 
  4. Menjalin kerjasama dengan asosiasi profesi ilmu administrasi Negara dalam mengembangkan kurikulum dan output lulusan program studi. 

 

Sasaran

Secara umum Program Studi Administrasi Negara berupaya mewujudkan dirinya lembaga pendidikan berkualitas  yang mampu menghasilkan Sarjana Ilmu Administrasi negara yang mampu mengembangkan dan menerapkan ilmu administrasi negara secara profesional, mandiri dan inovatif. Selain sasaran umum tersebut, sasaran khusus yang hendak dicapai Program Studi ilmu Administrasi negara adalah:

  1. Peningkatan kualifikasi jabatan akademik dosen secara periodik. 
  2. Peningkatan nilai kualifikasi akreditasi dari C menjadi B, dan dari B menjadi A melalui tahapan kinerja yang terukur. 
  3. Peningkatan kuantitas dan kualitas kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa. 
  4. Mendorong dosen-dosen tetap untuk menulis di jurnal nasional, jurnal nasional terakreditasi, dan jurnal internasional. 
  5. Pembentukan pusat-pusat kegiatan mahasiswa yang berorientasi pada ranah spiritual, kognitif, psikomotorik, dan afektif. 

 

Strategi Pencapaian Sasaran

Sasaran pertama : "Peningkatan kualifikasi jabatan akademik dosen secara periodik"

  1. Menunjuk dosen-dosen yang sudah memiliki jabatan fungsional sebagai Tim Penilaian Angka Kredit (PAK) dan dikuatkan melalui SK Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Sandikta.
  2. Secara berkala, yaitu setiap akhir semester, Tim PAK melakukan penilaian sementara terhadap posisi jabatan fungsional dosen yang perlu dinilai. 
  3. Mengikutsertakan seluruh dosen, baik yang sudah memiliki jabatan akademik ataupun belum, untuk mengikuti pelatihan-pelatihan mengenai tata cara pengisian format Jabatan Fungsional baik yang diselenggarakan oleh internal perguruan tinggi, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV Jawa Barat Banten, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, ataupun lembaga-lembaga lain yang memiliki kompetensi. 
  4. Ketua Sekolah Tinggi mewajibkan para dosen untuk mengurus kenaikan jabatan fungsional setiap 2 (dua) tahun sekali. 

Sasaran kedua : "Peningkatan nilai kualifikasi akreditasi dari C menjadi B, dan dari B menjadi A melalui tahapan kinerja yang terukur"

  1. Ketua UPAMI (Unit Penjaminan Mutu) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Sandikta mendistribusikan formulir kepada para kepala program studi untuk melakukan pengisian UPAMI pada dosen-dosen dan tenaga kependidikan di bawah kewenangannya. 
  2. Para kepala program studi melaporkan hasil-hasil isian UPAMI kepada Pembantu Ketua I dan ditembuskan kepada Ketua Sekolah Tinggi sebagai bahan evaluasi. 
  3. Ketua Sekolah Tinggi menugaskan kepada Pembantu Ketua I untuk mengisikan borang akreditasi BAN-PT, dan Pembantu Ketua I melakukan supervisi, monitoring, evaluasi, terhadap isian yang dilakukan para kepala program studi setiap 1 (satu) semester.
  4. Pembantu Ketua I melaporkan hasil evaluasinya mengenai pengisian borang dan nilai akreditas sementara BAN-PT yang diisi secara internal kepada para Kepala Program Studi dan melaporkan hasilnya kepada Ketua Sekolah Tinggi.
  5. Apabila ternyata nilai akreditas satu atau seluruh program studi masih C, maka Pembantu Ketua I kembali melakukan pengecekan atas poin-poin borang yang masih kurang dan menugaskan para kepala Program Studi untuk menginvetarisasikan butir-butir yang kurang tersebut dan mengerahkan jajaran tenaga pendidik dan kependidikan di bawah kewenangannya untuk melakukan pengisian ulang. Hasil pengisian ulang ini kembali dilaporkan kepada Pembantu Ketua I.
  6. Pembantu Ketua I berkewajiban menilai dan mempertimbangkan hasil pengisian ulang yang dilakukan para Kepala Program Studi hingga sudah meyakinkan bahwa nilai internal sudah menyukupi untuk akreditasi sementara B. 
  7. Apabila nilai sudah B, Pembantu Ketua I melaporkan kepada Ketua Sekolah Tinggi dan berembug untuk bagaimana nilai B ini dapat menjadi A.

Sasaran ketiga : "Peningkatan kuantitas dan kualitas kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa"

  1. Mendorong para dosen untuk melibatkan para mahasiswa dalam kegiatan penelitian, baik yang berlingkup pada mata kuliah maupun lingkup program studi. 
  2. Mendorong para dosen untuk mengisi simlitabmas.dikti.go.id dan mengajukan proposal penelitian dan kelengkapan yang terdapat di dalamnya. 
  3. Mendorong para dosen untuk melibatkan para mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat, baik yang berlingkup pada mata kuliah maupun lingkup program studi.
  4. Mendorong para dosen untuk mengisi simlitabmas.dikti.go.id dan mengajukan proposal pengabdian masyarakat dan kelengkapan yang terdapat di dalamnya. 
  5. Mendorong para dosen untuk memuat hasil penelitian dan pengabdian masyarakat ke dalam Jurnal Ilmu Administrasi Sandikta, jurnal nasional tidak terakreditasi lainnya, jurnal nasional terakreditasi, dan jurnal internasional. 
  6. Mendorong para dosen untuk mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi penelitian dan pengabdian masyarakat, baik yang diadakan secara internal, oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV Jawa Barat Banten, maupun Dikti. 

Sasaran keempat : "Mendorong dosen-dosen tetap untuk menulis di jurnal nasional, jurnal nasional terakreditasi, dan jurnal internasional"

  1. Ketua Sekolah Tinggi dan Pembantu Ketua I tidak boleh pernah bosen dalam memotivasi para dosen untuk selalu memuat karya mereka di jurnal-jurnal lmiah ilmu administrasi. 
  2. Sekolah Tinggi memberikan insentif atas setiap karya penelitian dan pengabdian masyarakat dosen yang dimuat baik di jurnal nasional maupun internasional. 

Sasaran kelima : "Pembentukan pusat-pusat kegiatan mahasiswa yang berorientasi pada ranah spiritual, kognitif, psikomotorik, dan afektif"

  1. Menyelenggarakan pusat-pusat kegiatan mahasiswa berorientasi kognitif seperti kelompok debat, kelompok penelitian, dan kelompok ilmiah lain, dan dalam bentuk seminar.
  2. Menyelenggarakan kegiatan keagamaan Islam seperti pengajian, ibadah jamaah, ceramah agama, pemberantasan buta huruf Al Quran, dan ibadah-ibadah hablum minallah lainnya. Untuk agama selain Islam dapat mengadakan sendiri sesuai ketentuan yang diperoleh dari organisasi agamanya masing-masing.
  3. Menyelenggarakan seminar-seminar internal bertemakan emotional quotient sebagai salah satu bentuk kecerdasan yang harus dihormati dalam melakukan pergaulan dengan sesama. 
  4. Menyelenggarakan kegiatan olahraga seperti bela diri, futsal, basket, dan badminton untuk menyiptakan generasi muda yang sehat badan dan jiwa, mensana in corpore sana
FaLang translation system by Faboba

Alamat Kampus:
Jl. Raya Hankam No. 208 Jatirahayu Pondok Melati Kota Bekasi Jawa Barat 17414. Telp.: 021-846-6569. Faks. 021-8497-2414. Email: stiasandikta@gmail.com - Website. stiasandikta.ac.id