Field Study Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara, STIA Sandikta dilaksanakan di Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada tanggal 14 - 15 Mei 2016 dengan Tema “Dari Desa Kita Belajar.” Pembangunan Pedesaan adalah pembangunan berbasis pedesaan dengan mengedepankan kearifan lokal kawasan pedesaan yang mencakup struktur demografi masyarakat, karakteristik sosial budaya, karakteristik fisik / geografis, pola kegiatan usaha pertanian, pola keterkaitan ekonomi desa-kota, sektor kelembagaan desa, dan karakteristik kawasan pemukiman.

Pembangunan yang berbasis pedesaan diberlakukan untuk memperkuat fondasi perekonomian negara, mempercepat pengentasan kemiskinan dan pengurangan kesenjangan perkembangan antar wilayah, sebagai solusi bagi perubahan sosial, dan desa sebagai basis perubahan. Dalam realisasinya, pembangunan pedesaan memungkinkan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi digerakkan ke pedesaan sehingga desa menjadi tempat yang menarik sebagai tempat tinggal dan mencari penghidupan. Infrastruktur desa, seperti irigasi, sarana dan prasarana transportasi, listrik, telepon, sarana pendidikan, kesehatan dan sarana- sarana lain yang dibutuhkan, harus bisa disediakan sehingga memungkinkan desa maju dan berkembang. Skala prioritas pembangunan pedesaan yang berbasis pada pengembangan pedesaan (rural based development), meliputi :

  1. Pengembangan ekonomi lokal.
  2. Pemberdayaan masyarakat.
  3. Pembangunan prasarana dan sarana,  dan
  4. Pengembangan kelembagaan.

Dengan berbagai keterbatasan yang dimiliki, Desa Sukamanah mencoba untuk tetap melaksanakan pembangunan guna tercapainya pertumbuhan ekonomi desa yang baik dengan memanfaatkan faktor-faktor internal yang dimiliki seperti: Luas Wilayah mencapai 180 ha, Jumlah Kepala Keluarga (KK) 6521 dengan 60% (persen) pekerjaan masyarakat desa pertanian dan home industri makanan, dianggap cukup untuk mendukung pelaksanaan pembangunan desa. Untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat, Desa Sukamanah memiliki 8 Posyandu dimana kader-kadernya tersebar di seluruh desa dengan  program-program pedesaan yang terencana dan berjalan dengan baik. Fasilitas infrastruktur seperti jalan desa 90% (persen) memadai dan sudah beraspal sehingga mempermudah proses transportasi penghubung antar desa.

 

Proses pengembangan prasarana dan sarana desa dilakukan dengan melibatkan masyarakat lokal, 70% (persen) bersifat bottom up dimana perangkat desa dalam pembangunan desa melibatkan masyarakat mulai dari tingkat terendah sehingga Pembangunan Desa sesuai dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat dan 30% campur tangan pemerintah pusat seperti proses pembangunan yang telah ditetapkan di dalam Perencanaan Pembangunan Nasional. Pemanfaatan sumber dana merupakan faktor terpenting dalam administrasi pengelolaan keuangan daerah, sumber pembiayaan yang digunakan oleh desa bersumber dari Keuangan Pusat dan APBD Desa, sehingga Pemerintah Desa dituntut untuk arif dalam penggunaannya, seperti pemeliharaan fasilitas yang telah ada antara lain;  operasional kantor desa, posyandu dan lain sebagainya.

Proses pembelajaran Mahasiswa pada Desa Sukamanah adalah dapat mengetahui dan melihat secara langsung proses Administrasi Desa termasuk didalamnya kondisi perekonomian, kesehatan dan proses pembangunan desa secara implisit. 

Berdasarkan Permendagri No. 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Desa, sebaiknya Pemerintah Desa Sukamanah dalam Proses Pembangunan Desa harus merumuskan tahapan-tahapan sebagai berikut :

  1. Pembentukan Tim Penyusun
  2. Penyelarasan Arah Kebijakan Pembangunan Kabupaten atau Kota
  3. Pengkajian Keadaan Desa
  4. Penyusunan Rencana Pembangunan Desa Melalui Musyawarah Desa (Musdes)
  5. Penyusunan Rancangan RPJM Desa
  6. Penyusunan Rencana Pembangunan Desa melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa 
  7. Penetapan dan Perubahan RPJM Desa.
FaLang translation system by Faboba

Alamat Kampus:
Jl. Raya Hankam No. 208 Jatirahayu Pondok Melati Kota Bekasi Jawa Barat 17414. Telp.: 021-846-6569. Faks. 021-8497-2414. Email: stiasandikta@gmail.com - Website. stiasandikta.ac.id